Cara Hemat Paket Data Internet

Hidup tanpa gadget adalah hal yang cukup mustahil untuk banyak orang. Beli pulsa online paket data internet memang sudah menjadi hal yang perlu. Rasanya hidup jadi tidak seru jika tidak ada gadget di tangan. Kehadiran gadget memang memberikan banyak sekali kemudahan. Hanya dalam satu genggaman saja, kita bisa melakukan apapun tanpa harus beranjak dari tempat tidur. Segala sesuatunya bisa selesai dengan mudah, yang diperlukan hanya koneksi internet saja. Ketergantungan orang pada koneksi internet di gadget membuat pengeluaran mereka semakin besar, terutama bagi orang-orang yang aktif bersosial media, browsing, main game, dan nonton video.

Biaya untuk membeli pulsa seringkali jadi membengkak karena kamu menghabiskan kuota internetmu secara tidak sadar. Masalah pulsa ini bisa berdampak cukup besar pada keuanganmu bila kamu tidak tahu cara menghematnya. Apakah kamu sudah merasakannya? Ayo segera atasi masalah boros pulsa itu dengan melakukan 8 tips agar hemat pulsa.

1. Aktifkan Hanya Saat Diperlukan
Kebiasaan semua orang saat menggunakan smartphone atau gadget lainnya adalah mengaktifkan mode pemakaian data setiap saat. Pada saat gadget dalam mode pemakaian data, maka pasti ada sejumlah kuota internet yang terpakai meskipun kamu sedang tidak menggunakannya. Oleh karena itu, kalau mau hemat pulsa, kamu harus mengatur kapan kamu harus mengaktifkan mode data dan kapan kamu harus tidak mengaktifkannya. Kamu harus menyadari bahwa kamu tidak selalu harus terhubung dengan internet, karena kamu tidak setiap saat chatting, browsing, atau bermain kan? Lagipula, mode data yang selalu aktif juga beresiko mengganggu konsentrasimu loh.

Kamu jadi merasa harus selalu mengecek gadget kamu setiap saat, padahal ada banyak pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Jadi, disarankan untuk mengaktifkan mode data pada gadgetmu pada saat istirahat saja, dan matikan pada saat jam kerja atau belajarmu. Jadi pandai-pandailah mengatur waktu.

2. Pilih Paket Sesuai Pemakaian
Meskipun semua orang sama-sama menggunakan internet, tapi setiap orang memiliki cara penggunaan internet yang berbeda-beda loh. Mungkin penggunaannya hampir sama, tapi mayoritas aktivitas yang dilakukannya bisa berpengaruh pada seberapa boros pemakaian pulsamu. Ada orang yang menggunakan internet lebih banyak untuk chatting, main game, atau browsing. Nah, kamu harus menyesuaikan paket internetmu dengan kebiasaan pemakaian internet pada gadgetmu.

Buat kamu yang gamers, lebih baik beli paket data internet yang tidak terbatas atau unlimited. Mengapa? Karena saat bermain game biasanya kuota bisa habis tiba-tiba tanpa terasa dan akhirnya kamu memakai tariff internet normal sehingga jadi sangat mahal. Dengan paket unlimited, kamu bisa bermain sepuasnya tanpa perlu takut boros pulsa.

Penggunaan paket kuota cocok untuk digunakan oleh kamu yang rajin memantau sisa kuota dan sejarah pemakaian kuota. Memakai paket kuota memang lebih murah, tapi jika kamu tidak rajin mengecek pemakaiannya, malah bisa membuat kamu semakin boros. Jadi sebelum membeli paket, pikirkan baik-baik ya yang mana yang sesuai dengan kamu.

3. Perhatikan Sinyal Di Lokasi
Terkadang ada lokasi-lokasi tertentu yang susah mendapatkan sinyal. Hal itu tidak hanya menyebalkan, tapi juga membuat pemakaian kuota internet di gadgetmu jadi boros. Saat gadgetmu dalam mode data yang aktif, maka ia akan selalu berusaha mencari sinyal dan itu berdampak pada pemakaian kuota internet untuk hal yang tidak perlu. Jadi jika kamu sedang dalam lokasi yang susah sinyal, lebih baik non-aktifkan dulu mode data gadgetmu. Dengan begitu, kamu jadi bisa hemat pulsa dan juga hemat baterai gadget. Pakailah gadgetmu untuk internetan saat sinyal sudah stabil dan berada dalam kondisi terbaiknya.

4. Matikan Fitur Auto-Sync
Fitur auto-sync pada gadgetmu berfungsi untuk meng-update email terbaru secara otomatis. Sebenarnya fitur ini sangat memudahkan kamu, karena kamu bisa dengan segera mendapatkan notifikasi ketika ada email yang datang, namun fitur ini membuat pemakaian kuota internet jadi boros. Gadget akan selalu melakukan update setiap beberapa saat dan itu memakan kuota internetmu. Untuk menghemat pulsa, kamu bisa mematikan fitur auto-sync ini dan meng-update email baru secara manual. Untuk hemat memang harus sedikit usaha atau kamu harus beli pulsa online lagi loh.

5. Manfaatkan Wifi
Sekarang sudah sangat banyak tempat yang menyediakan fasilitas wifi gratis. Dalam rangka menghemat pulsa, kamu sebaiknya memanfaatkan fasilitas tersebut. Menggunakan wifi akan sangat membantu kamu dalam berhemat, bisa dibilang kamu jadi internetan secara gratis. Selain itu, manfaatkan fasilitas wifi untuk meng-install update terbaru di gadgetmu dan men-download. Dua aktivitas ini jika dilakukan dengan menggunakan mode data akan sangat membuat boros, oleh karena itu jangan lakukan kedua hal ini saat sedang menggunakan mode data. Pokoknya manfaatkan wifi semaksimal mungkin kalau mau hemat pulsa atau bisa cari yang jual pulsa online murah terpercaya di Pulsanya.ID

sumber : cermati.com

0 comments:

Beli Pulsa Online Murah. Powered by Blogger.